PENAMPILAN GRAFIK SCENE PADA GAME COMPUTER
Visibility
Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah
game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati
game tersebut. Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya
istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja
2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan
sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya
memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal dan
vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik 2.5D ini
biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game lebih dikenal
dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game
bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan : ·
3
Dimensi object/model : Merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan
sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh,
permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan
menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
2
Dimensi graphic : Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai
texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan,
sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Kegunaan
2.5D dalam game adalah sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double
dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk
mengikuti posisi pemain dan agar game lebih ‘hidup’. Pada video game, biasanya
scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk
membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.
Level
of Detail
LOD
biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada model
objek. Disebut level karena tingkat pengaturannya berbeda-beda tergantung dari
seberapa jauh jarak antara model dengan viewer.
Ketika
model berada pada jarak dekat dengan viewer, model sebaiknya di-render dengan
detail sebanyak mungkin. Namun sebaliknya jika model berada pada jarak yang
jauh dari viewer lebih baik jangan menampilkan model dengan sangat detail agar
tidak mengganggu performance dan agar hasilnya justru dapat meningkatkan
performance.
Meskipun
sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, baru-baru ini
teknik LOD sudah termasuk dalam manajemen shading untuk dapat mengontrol
kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan
untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan
kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk
mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh
mendasari algoritma LOD-ing.
Terrain LOD
Dalam
suatu game, Terrain merupakan model yang sangat besar. Membuat setiap pointnya
secara eksplisit sangatlah tidak mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan
pembangkitan Terrain merupakan hal biasa. Ketika proses rendering, sebagian
dari Terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu
dikembangkanlah Terrain LOD algorithms.
Terrain,
atau sering juga disebut dataran, merupakan salah satu data yang penting dalam
pemodelan pemograman grafik.Terrain umumnya diimplementasikan untuk obyek –
obyek yang statis. Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah
dalam pemodelan lanskap. Contoh pemodelan lanskap adalah pemodelan bentangan
tanah, pinggiran pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Penggunaan visualisasi
terrain sebagai model lansekap ini banyak didapati dalam game motor rally dan
real – time strategy.
KONSEP GAME KOMPUTER BERBASIS JARINGAN
Pengertian
Seiring
dengan perkembangan teknologi, inovasi yang terus menerus, mengakibatkan banyak
muncul game komputer yang menyediakan fasilitas untuk dapat bermain dalam suatu
jaringan komputer (network). Fasilitas jaringan komputer (network) memungkinkan
game dapat dimainkan oleh beberapa orang sekaligus dengan menggunakan beberapa
buah komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya, menyebabkan game yang
menggunakan papan semakin tersisih. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi yang
menggantikan game papan agar tidak tersisihkan dan terlupakan.
Game
jaringan sering juga disebut multiplayer game, dapat dimainkan oleh beberapa
user sekaligus dalam suatu jaringan (jaringan lokal LAN atau jaringan
internet). Game jaringan sangat populer karena alasan kenyamanan ruang (space).
User tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain, user
dapat merancang strategi permainan di depan komputernya sendiri, tidak terbatas
oleh ruang. Game jaringan yang sederhana dapat dibuat dengan menggunakan
aplikasi Visual Basic dan menggunakan komponen Winsock. Berdasarkan uraian di
atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak permainan Halma
yang dapat dimainkan dalam suatu jaringan komputer (network).
SEJARAH
PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Sejarah
game online inilah perjalanan sejarah game online permainan daring dimulai
sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan
awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan
kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa
belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer
secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul
Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan
permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).
Permainan
daring benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET
(National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke domain
lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan
yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan
permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Permainan
Daring (Online Games) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan
jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya permainan
daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa
online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari
perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Permainan
daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks
hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual
yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam
permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server
melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client
adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Permainan
daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa
saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.
TIPE – TIPE GAME
ONLINE
FPS adalah game
Tembak-tembakan, pukul-pukulan, tusuk-tusukan yang menggunakan sudut pandang
orang pertama. Biasanya kita hanya bisa melihat tangan dari character kita.
Contoh game ini FPS adalah (Call of Duty, Counter Strike, Far Cry 3)
RTS (Real Time
Strategy). Game ini biasanya bersifat turn based ataupun bisa dimainkan secara
bersamaan, identik dengan bermain melawan human intelegent (manusia vs manusia)
yang biasanya menggunakan LAN ataupun Internet. Game ini bisa dikatakan game
perang-perangan. Contoh game RTS adalah (DOTA, StarCraft, Civilization)
RPG (Role Playing
Game). Game ini memiliki unsur yang unik, karena biasanya tidak ada tamat dalam
game seperti ini (Kalaupun tamat, hanya ceritanya saja, dan kalian masih bisa
leveling atau grinding sesuka hati). Kalian akan menjalankan sebuah main
character yang bisa kalian costumize, mencari uang, membangun koneksi dengan
NPC (non playable player) dan sebagainya. Contoh dari game RPG adalah (KOA,
Skyrim, The Witcher).
Cross-Platform
Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang
berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online
dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki
konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
Browser
Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE.
Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah
mendukung javascript, php, maupun flash.
Massive
Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya
besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti
halnya dunia nyata.
BERDASARKAN
TEKNOLOGI GRAFIS
2
Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk
ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak
enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online
sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih
berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
3
Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam
penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan
kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan
dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang
lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara
sempurna.
GAME DENGAN KONSEP ARTIFICIAL INTELEGENT (AR)
Untuk
pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma,
yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini
biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun
algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam
sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan
kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan
merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang
menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi
suatu pohon (tree).
Namun,
biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi
data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin
komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree
yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses
memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada
konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma
dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada
salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat
dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode
ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan
tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk
game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan
representasi berbeda.
Minimax
yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada
suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah
diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak
menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di
masa depan.Beberapa karakteristik dan batasan game untuk game playing :
Dimainkan
oleh 2 ( dua ) pemain: manusia dan komputer. Para pemain saling bergantian
melangkah.
Referensi: