Rabu, 04 Desember 2019

Tugas 3 (Pengantar Bisnis Informatika)

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA (SOFTSKILL)
Proposal Penjualan Hijab Menggunakan Blog

1

KELOMPOK 1 :
Aida Puspita Ramadhani                     (50416415)
Anggita Puspawardani                       (50416875)
Marifah                                                 (54416265)
Sarah Syifara Baadilla                        (56416848)
Stephani Dwi Angeline                       (57416153)
Vira Faradhiba Rusdi                           (57416561)
KELAS 4IA19

TEKNOLOGI INDUSTRI, TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019

I. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Hijab merupakan kata yang tidak asing lagi diperdengarkan oleh telinga kita saat ini. Suatu kain yang berfungsi sebagai penutup aurat wanita kini sedang ramai dipergunakan sebagai trend center dunia fashion. Banyak terdapat model dan tipe – tipe hijab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri. Bahkan sampai diadakan suatu pameran untuk mengenalkan produk hijab dengan berbagai model.
Pada saat ini, semakin banyak masyarakat yang mencari produk hijab yang modis dan trendi dan dijadikan sebagai kebutuhan sekolah, ke kantor, jalan – jalan bahkan sampai ke aktivitas resmi lainnya. Oleh karena itu, bisnis hijab ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini, masyarakat membutuhkan segala sesuatu yang cepat dan mudah.
Dengan meningkatnya pengguna internet di kalangan masyarakat yang ditandai dengan melonjaknya pelanggan maupun pebisnis yang mendorong munculnya suatu tuntunan pelayanan internet melebihi dari apa yang biasa diperoleh di dunia nyata. Ini merupakan kesempatan untuk melakukan transaksi secara online yang disebut juga e-commerce. Jadi adanya ecommerce dapat mempermudah untuk melakukan pemesanan hijab.
Dengan permasalahan diatas makan penulis mencoba membuka usaha online shop berbasis blog (blogging) yang bisa diakses melalui internet. Dengan berbisnis menggunakan blog, melakukan transaksi menjadi lebih mudah tanpa harus datang langsung ke toko hijab, yaitu cukup dengan mengunjungi blog yang dituju.
1. Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
Penjualan hijab ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Karena proses publikasi yang murah dan mudah untuk disebarluaskan karena bisa melalui media blog, website, email atau sosial media.
b. Manfaat Sosial
1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan penjualan hijab dapat banyak peminatnya. Penjualan hijab ini cukup menjanjikan bagi kita, karna saat ini hampir semua orang menggunakan internet sehingga kita dapat memasarkannya ke pengguna internet tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis – bisnis yang lain, yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, mengatur keuangan, menarik konsumen, dan masih banyak lagi.
2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya penjualan hijab menggunakan blog, diharapkan masyarakat dengan mudah dalam melakukan pembelian hijab.
2. Rumusan Masalah
  1. a) Bagaimana tips untuk memasarkan hijab dengan budget yang sekecil mungkin.
  2. b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
  3. c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis penjualan hijab ini.
3. Profil Organisasi
Nama Usaha    : Teletubies Collection
Jenis Usaha     : Online (Blogging)
Alamat              : Kalimalang
Pemilik            : Kelompok 1
4. Visi, misi dan tujuan
1. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
2. Misi
  • Memberikan kualitas yang terbaik.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik
3. Tujuan Usaha
  • Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan persaingan yang sehat.
  • Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
5. Produk
Menjual berbagai model hijab. Contohnya seperti dibawah ini:
  1. a) Syar’i
  2. b) Segi empat
Dengan adanya berbagai macam model hijab, maka masyarakat dapat memilih model yang mereka inginkan.
II. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1. Faktor internal.
a . Strengths (Kekuatan)
  • Mengurangi biaya pemasaran.
  • Memiliki sifat portable, karena bisa dibaca menggunakan perangkat elektronik portable (tablet, komputer, laptop, smartphone).
  • Bahan hijab yang digunakan berkualitas tinggi.
  • Terdapat banyak model hijab yang menarik dan sesuai dengan keinginan.
b. Weakness (Kelemahan)
  • Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati.
  • Pemasaran untuk penjualan hijab tidak dapat tersebar luas karena platform yang disediakan hanya dengan blog, tidak dengan platform Sehingga tidak banyak orang yang mengetahui blog tersebut.
2. Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan)
  • Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan internet.
  • Tidak membutuhkan modal yang besar
b. Threats (Ancaman)
Persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini dengan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
III. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha hijab kelompok kami yaitu:
1. Target Pasar
Usaha ini mempunyai target pasar untuk wanita yang membutuhkan hijab tanpa harus datang ke toko hijab dengan dapat menggunakan blog hijab yang kami tawarkan.
2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita ditunjukkan yaitu bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing lain merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang – undang pasar yang telah di tetapkan.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini, sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp50.000 sampai dengan Rp500.000.

IV. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup bercerita dengan teman – teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen atau masyarakat akan mengetahui usaha kita. Apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli hijab di tempat kita.
2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui instagram, facebook, twitter, blog, dan lainnya. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga dengan mudah untuk memperkenalkan produk – produk hijab.
3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami dengan cara membuat tampilan pada “Teletubies Collection” lebih menarik dan lebih mudah untuk diakses oleh konsumen.
4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan model hijab yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti model pashmina dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar akan semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
5. Langkah – langkah Promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara – cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu :
  • Pada tanggal – tanggal tertentu, kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli hijab, maka akan kami berikan diskon sebesar 10% untuk semua jenis model hijab.
  • Apabila konsumen membeli hijab diatas 10 hijab segi empat, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga Rp20.000,- per hijab.
  • Selain itu, apabila konsumen membeli hijab diatas 24 hijab, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp18.000,- dan memberikan gratis satu hijab.
V. Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan “Teletubies Collection” yang itu – itu saja.
2. Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah di berbagai pameran atau bazaar utama yang ramai dikunjungi, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami. Tentu juga dengan menggunakan basis blog.
3. Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari hijab – hijab yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual.

VI. Analisis aspek finansial
1. Harga
Adapun hijab yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari hijab yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari hijab tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
Hijab Syar’i Rp180.000
Hijab Segi Empat Rp30.000
2. Modal awal
Domain : Rp 65.000 / Tahun
Total Untuk Modal Awal
Rp65.000
VII. Metode Pelaksanaan Program
1. Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala – kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha “Teletubies Collection” ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
2. Penjualan atau pemasaran produk
Penjualan dilakukan setelah selesai segala aktifitas kuliah, biasanya dilakukan dari sore hingga malam hari.
3. Pembagian hasil kerja
Usaha “Teletubies Collection” merupakan usaha bersama yang kami rintis yang menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata.
VIII. PENUTUP
Demikian proposal mengenai penjualan ini dibuat diharapkan proposal ini dapat diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Tidak lupa juga kami mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis yang kami buat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berkontribusi dalam pembuatan proposal.
Diharapkan proposal ini dapat diterima oleh semua pihak. Proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha penjualan hijab ini. Diharapkan pembaca juga dapat memberikan kritik dan saran yang membangun untuk perkembangan usaha kami kedepannya, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.